Jalan-jalan ke selatan Jepang (Fukuoka dan Nagasaki)

Kerjaan gua kalo lagi ga ada kerjaan (padahal banyak kerjaan tapi ga dikerjain lol), gua selalu pantengin tiket-tiket murah yang menggoda iman, trus cocokin jadwal libur dan secara ga sadar uda ke book tiket pesawat nya hahahha. Akhir-akhir ini banyak sekali maskapai bertarif rendah (LCC) seperti Airasia, Scoot, maupun Jetstar yang berlomba-lomba nawarin penerbangan murah dari Jakarta ke negeri sakura via Kuala Lumpur maupun Singapur. Tapi, kebanyakan tujuan para wisatawan dari Indonesia adalah Tokyo, Osaka dan sekitarnya.

Karna uda banyak sekali tulisan-tulisan atau blog-blog tentang Tokyo, Osaka dan sekitarnya, kali ini gua mau memperkenalkan keindahan kota-kota yang ada di selatan Jepang, khususnya di pulau Kyushu. 

Menurut om wiki, pulau Kyushu merupakan pulau ke 3 terbesar di Jepang setelah Honshu dan Hokkaido. Banyak kota-kota di Kyushu yang menjadi tujuan wisata seperti Fukuoka, Nagasaki, Sasebo, Beppu, Kumamoto, Miyazaki, Kagoshima dll. 

Untuk terbang ke Kyushu dari Jakarta, paling gampang sih ke Fukuoka dulu, nanti dari Fukuoka bisa dilanjutin ke kota-kota lainnya dengan kereta listrik. Sampai tulisan ini diketik, belum ada LCC yang terbang dari Jakarta ke kota-kota di Kyushu, kecuali kalo mau repot, bisa book tiket dari Jakarta ke Osaka atau Tokyo, kemudian dilanjutin dengan LCC domestik seperti Peach, Jetstar, Skymark, dll. Untuk maskapai full-service, sekitar 20 tahun lalu, maskapai kebanggaan kita yaitu Garuda Indonesia pernah terbang ke Fukuoka, tetapi karena pada tahun 1996 ada kecelakaan yang terjadi, Garuda Indonesia dilarang untuk mendarat di Fukuoka (denger-denger sih selama 25 tahun, kalau bener selama 25 tahun, berarti bakal ada penerbangan langsung dari Jakarta ke Fukuoka 3 tahun lagi, yeaaayyy). Untuk penerbangan via negara lain, bisa menggunakan maskapai-maskapai seperti ANA, JAL, Cathay Pacific, Korean air, Asiana Airlines, Singapore Airlines, Thai Airways, China Airlines, China Eastern Airlines, Air china dan Vietnam Airlines.

Nah, sekarang gua mau coba kenalin 2 wilayah yang lumayan sering dituju oleh wisatawan asing..........

1. Prefektur Fukuoka

Prefektur Fukuoka ini adalah  tempat gua bersemedi selama 3,5 tahun, jadi ya gua lumayan kenal sama tempat ini hahaha. Kata orang-orang sini sih, Fukuoka tuh tempat yang paling nyaman untuk di tinggali, orang-orangnya baik dan ramah, makanannya enak dan biaya hidupnya murah. Dan setelah 3,5 tahun bersemedi disini, gua bisa bilang kalo emang benar kata-kata orang-orang sini, semuanya bisa didapetin disini (kecuali pacar, nasib orang jomblo), tapi menurut gua ada satu hal yang agak mahal disini yaitu biaya transportasinya. Bukan cuma di Fukuoka, tapi biaya transportasi di Kyushu emang lebih mahal kalo dibandingin sama daerah Kanto (Tokyo, dan skitarnya) dan Kansai (Osaka, dan sekitarnya). 

Tempat wisata:
- Tempat perbelanjaan : Tenjin Chikagai, Hakata, Canal City Hakata dan Kawabata shotengai,
- Kuil (Temple maupun Shrine) :  Dazaifu Tenmangu, Nanzo-in, Kushida Shrine, Tocho-ji, dll
- Yang lainnya : Nokonoshima (pulau yang terkenal dengan keindahan bunga nya), Fukuoka Tower, Momochi Beach, Ohori Park, Fukuoka Castle, Uminonakamichi (Taman, aquarium, pantai), Ainoshima (pulau kucing, lebih kurang 100 ekor), Kawachi Wisteria Garden, Mojiko Retro, dll

Makanan: Hakata Ramen (pork), Motsunabe (pork), Mizutaki (katanya kalau yg di Fukuoka pake daging ayam), Yakitori (sate ayam)

Musim semi  (Ohori Park)
Musim gugur (Dazaifu)


2. Prefektur Nagasaki

Kalau orang Indonesia mendengar nama Nagasaki dan Hiroshima, yang langsung terlintas dikepala pasti adalah bom atom. Tahun 1945, Kota Nagasaki di bom oleh Amerika Serikat dan banyak korban berjatuhan. Setelah peristiwa tersebut, pemerintah Jepang bangkit kembali dan di Nagasaki di bangun Nagasaki Peace Park yang mengharapkan perdamaian dunia. Bangunan maupun kebudayaan di Nagasaki banyak dipengaruhi oleh budaya Eropa, dikarenakan banyaknya pelabuhan di prefektur ini.

Tempat wisata:
- Wilayah Kota Sasebo : Kujuku island, Huis Ten Bosch (baca: Haus Ten Bosu), Ishidake observatory, Tenkaiho observatory, Kujukushima aquarium, dll
- Wilayah Kota Nagasaki : Nagasaki peace park, Glover Garden, Kofukuji Temple, Dejima, Gunkanjima, dll

Makanan : Sasebo Burger (ada yg non-pork, tapi ga semua restoran), Nagasaki Chanpon (pork) 

Nagasaki Peace Park

Huis Ten Bosch (Jepang rasa Belanda)

Untuk wisatawan Muslim, sebenarnya banyak juga makanan halal yang ada di Jepang, termasuk ramen. Jadi, jangan ragu-ragu untuk datang ke Jepang hahaha...







Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jalan-jalan sehari di Fukuoka dari Osaka menggunakan JR pass (Itinerary + Jadwal Shinkansen)

Transportasi untuk keliling Kyushu, Jepang (pesawat, bus, shinkansen dan 18 kippu)