Transportasi untuk keliling Kyushu, Jepang (pesawat, bus, shinkansen dan 18 kippu)

Kyushu...Kyushu...Kyushu...

Kenapa gua nge post tentang Kyushu? Karna seperti yang uda gua bilang di post sebelumnya, gua lg bersemedi di salah satu kota di Kyushu, yaitu di Fukuoka. Selama di Fukuoka, gua selalu mencari celah dan informasi untuk bisa kabur jalan-jalan ke kota lain di Jepang ataupun ke luar Jepang.

Kalau kita berbicara tentang traveling, tentunya yang dipikirin adalah "cara ke sana gimana? naik apa? ongkosnya berapa?". Dan sama seperti orang-orang pada umumnya, hal-hal itu juga yang gua pikirin, hahaha maklum, anak kuliahan, ga ada duit. Untuk jalan-jalan di Jepang, semuanya serba mahal, termasuk transportasi, tapi diantara yang mahal-mahal itu pastinya ada yang murah juga.

Di postingan kali ini, gua akan bicarain transportasi apa saja yang bisa digunakan untuk jalan-jalan di Kyushu.

1. Perjalanan dengan pesawat

Yes yes yes, pesawat adalah transportasi yang paling cepat dan praktis tapi mahal hahaha...dari Fukuoka, ada beberapa maskapai seperti ANA dan JAL yang menyediakan penerbangan langung ke Miyazaki dan Kagoshima (JAL). Sayangnya belum ada penerbangan rute-rute lain di dalam pulau Kyushu. Untuk harga tiket pesawat, bisa dibilang cukup mahal, contohnya untuk penerbangan dari Fukuoka ke Miyazaki, harga tiket pesawat PP paling murah adalah 11 ribu yen (kurs sekitar Rp.132/yen). Gua sendiri sih ga nyaranin untuk naik pesawat kecuali emang budget nya berlebih hehehe.

Pesawat dari Fukuoka ke Miyazaki biasanya menggunakan pesawat kecil

2. Perjalanan dengan bus

Perjalanan ke kota-kota lain di Kyushu tentu saja bisa pakai bus, harganya lebih murah daripada tiket pesawat dan rute nya lebih banyak. Dari Fukuoka sendiri banyak rute-rute yang tersedia seperti rute ke Miyazaki, Kumamoto, Nagasaki, Kitakyushu, Oita, Kagoshima dan lain-lain. Untuk terminal bus nya, ada di Hakata Bus Terminal dan di Tenjin Bus Terminal. Ada beberapa tiket yang harus dipesen sebelumnya, jadi ada baiknya di cek dulu ke terminal bus nya sebelum berangkat. Untuk orang-orang yang mabok kalo naik bus (seperti gua), mungkin lebih baik naik kereta daripada munteh-munteh di jalan hahah. Oh ya, jadwal bus jarak jauh di Jepang selalu akurat, jadi kalo di tulis jadwalnya berangkat jam 11:08, bus itu akan berangkat jam 11:08. Gua pernah ditinggal bus Kyoto - Fukuoka soalnya hahaha jadwal bus nya jam 19:30, tapi gua nyampe bus stop nya jam 19:31 dan pas itu gua cuma bisa ngelambaiin tangan ke bus nya (dadaaaahhh, hati-hati di jalan pak sopir), dan akhirnya kudu beli tiket lagi untuk esok harinya, dompet pun menangis.

3. Perjalanan dengan shinkansen dan kereta cepat lainnya (JR Kyushu Rail Pass)

Daripada pesawat, gua lebih nyaranin untuk beli tiket ini. Mungkin wisatawan Indonesia lebih mengenal JR pass. Sebenarnya tiket ini sama seperti JR pass, tetapi hanya bisa digunakan di Kyushu. Harganya pun lebih murah sesuai dengan wilayah-wilayah nya. Jadi, untuk JR Kyushu Rail Pass ini, ada 3 jenis, yaitu untuk seluruh Kyushu, hanya Kyushu Utara dan hanya Kyushu Selatan. Untuk harganya:

a. All Kyushu Area Pass, 3 hari 15.000 yen (10x reservasi), dan 5 hari 18.000 yen (16x reservasi)
b. Northern Kyushu Area Pass, 3 hari 8.500 yen (10x reservasi), 5 hari 10.000 yen (16x reservasi)
c. Untuk yang Southern Kyushu Area Pass, cuma ada yang 3 hari, harganya 7.000 yen (10x reservasi)

Peta Kyushu
 (source: www.jrkyushu.co.jp)
Peta Kyushu Utara
 (source: www.jrkyushu.co.jp)

Cara memesan tiket ini bisa online, dan ambil tiket nya bisa di Jepang, di stasiun2 yang telah ditentukan, informasi lebih lanjut bisa cekidot bekicot di sini

Sama seperti JR pass, JR Kyushu Rail Pass ini juga hanya untuk orang-orang yang tinggal di luar Jepang, dalam arti lain, orang Jepang atau orang asing yang tinggal di Jepang tidak bisa memakai tiket ini. Tapiiii, ada kabar gembira untuk pelajar asing yang tinggal di Jepang. Untuk pelajar asing, bisa menggunakan tiket ini juga, tapi hanya ada yang All Kyushu Area Pass dan Northern Kyushu Area Pass. Nama tiket untuk pelajar asing ini adalah JR Kyushu Foreign Student Pass, untuk informasi lebih lanjut mengenai tiket ini bisa cek di sini.

 4. Perjalanan dengan kereta biasa (JR) - 18 Seishun Kippu (18 Kippu)

Tiket yang terakhir ini adalah idaman para pelajar di Jepang, termasuk org Jepang nya juga. Harga 1 tiket nya 11.850 yen untuk 5 orang atau 5 hari pemakaian. Karna murah, tiket ini banyak dipake oleh para pelajar (orang Jepang maupun orang asing). Tiket ini gampang dibeli, tinggal nyari stasiun JR yang ada lambang みどりの窓口 (midori no madoguchi) nya, trus bilang ke orang yang jaga nya "juuhachi kippu kudasai" yang artinya "minta 18 kippu dong" hahaha

Tapi sayangnya tiket ini hanya bisa dipakai dalam waktu-waktu tertentu. Untuk gambaran, gua coba post periode-periode nya untuk tahun 2018. Untuk tahun 2019, waktunya juga hampir2 sama, paling cuma beda 1 atau 2 hari.

a. Musim semi, penjualan tiket 20 Februari - 31 Maret, waktu penggunaan nya 1 Maret - 10 April.
b. Musim panas, penjualan tiket 1 Juli - 30 Agustus, waktu penggunaan nya 20 Juli - 10 Sept.
c. Musim dingin, penjualan tiket 1 Des - 31 Des, waktu penggunaannya 10 Des - 10 Jan.

Penampakan 18 kippu (source: matome.naver.jp)

Selain waktu-waktu yang ditentukan, ya berarti tiketnya ga bisa dipake hehehe. Gua sendiri sering pake tiket ini, soalnya murah, tapi resiko nya adalaaaah, nyeri bujuuur kalo kata orang Sunda hahahaha ya! Pantat pegel, soalnya tiket ini cuma izinin kita naik kereta biasa, kalau mau pake kereta cepat atau shinkansen ya berarti kudu nambah biaya hahaha. Nih gua kasi gambaran kira-kira berapa lama waktu yang diperlukan pake tiket ini. Karna gua tinggalnya di Fukuoka, gua bakal kasi gambarannya perjalanan dari Fukuoka (Hakata) aja ya.

Hakata - Nagasaki 3 jam
Hakata - Oita 4,5 jam
Hakata - Kagoshima 8 jam
Hakata - Miyazaki 9 jam
Hakata - Hiroshima 6 jam
Hakata - Osaka 12 jam
Hakata - Kyoto 12,5 jam
Hakata - Shizuoka 17,5 jam

Pemandangan dari Ishidake Observatory, Sasebo
(dari Fukuoka dengan 18 kippu sekitar 3 jam)

Nyeri bujur ga tuh? hahaha. Biasanya orang-orang bakal maksimalin tiket nya dalam 1 hari, jadi sebisa mungkin pergi sejauh-sejauhnya.

Untuk mencari jadwal kereta nya, kita ga bisa pake google map. Google map bakal kasi cara tercepat untuk ke suatu tempat, jadi yang keluar biasanya jadwal naik shinkansen. Untuk cari jadwal keretanya, bisa pake aplikasi Jorudan, tapi hanya dalam bahasa Jepang dan harus bayar sekitar 300 yen per bulan. Cara lebih gampangnya adalah minta peta JR di stasiun terdekat.

Kesimpulan

Semua metode transportasi bisa dipakai sesuai kebutuhan masing-masing. Kalau gua pribadi sih karna gua mabok kalo naik bus, gua lebih milih pake kereta. Kalau punya duit ya pake nya yang kereta cepat, tapi kalo kere ya pake nya kereta biasa hahaha. Kalo naik kereta, kecepatannya stabil, ga usah khawatir macet, dan jadwalnya akurat (lebih akurat dari bus, kalo naik bus kadang-kadang bisa telat nyampenya, meskipun cuma beberapa menit).

Enaknya kalo naik kereta ke daerah yang sepi, kereta serasa milik pribadi



Comments

  1. Hahahahah bagus baguss tingkatkannn
    Musim panas kemana ini diem diem baelahh ditunggu miyazakinya😁😁😁

    ReplyDelete
  2. Tips triknya dong ko, gmana tetap tenang ketika ditinggal pesawat?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jalan-jalan sehari di Fukuoka dari Osaka menggunakan JR pass (Itinerary + Jadwal Shinkansen)

Jalan-jalan ke selatan Jepang (Fukuoka dan Nagasaki)