Jalan-jalan sehari di Fukuoka dari Osaka menggunakan JR pass (Itinerary + Jadwal Shinkansen)

Bagi orang-orang yang sudah pernah ke Jepang, tentunya tau dong apa itu JR pass. Jadi, JR pass adalah tiket yang bisa digunakan untuk naik kereta sepuasnya (syarat dan ketentuan berlaku) selama periode tiket tersebut, bisa 7, 14 maupun 21 hari. JR sendiri adalah singkatan dari Japan Rail, yaitu salah satu perusahaan kereta yang ada di Jepang. Di Jepang selain perusahaan JR, masih banyak lagi perusahaan kereta lainnya contohnya Hankyu, Nishitetsu, Mizuma, dan lain sebagainya. Jadi kalau kita beli JR pass, kita hanya bisa pake perusahaan kereta JR saja.

"Loh, kalau gitu, rugi dong kalo beli JR pass. Kalau naik kereta selain JR harus bayar lagi". Yup, benar sekali! kalau misalnya anda-anda sekalian cuma jalan-jalan di 1 kota saja tanpa ke kota2 lain, ya bakal rugi. Jadi saran ku sih JANGAN beli JR pass kecuali kalau mau naik kereta peluru (shinkansen) ke kota-kota lain. Tapi ingat, meskipun ada JR pass, tidak semua shinkansen kita bisa naiki, jadi jangan lupa dibaca dulu syarat dan ketentuannya hehehe

(source: japanrailpass.net)

Salah satu syarat untuk memakai JR pass yaitu orang yang memakai harus orang asing dengan short-term visa atau visa turis saja. Nah bagi orang asing yang tinggal di Jepang buat kerja maupun sekolah atau kuliah kayak gua ini ya pastinya ga bisa pake 😒. Padahal kalau bisa pake JR pass bakalan asik banget jalan-jalan keliling Jepang.

Kalau ada teman-teman gua yang datang dari Indonesia trus pake JR pass, gua pasti pusing atur itinerary nya. Soalnya mereka bisa pake JR pass, sedangkan gua ga bisa pake JR pass dan ga mungkin gua temenin mereka naik shinkansen hahahaa bisa jebol dompet gua. Supaya kalian bisa bayangin betapa murahnya JR pass, nih gua kasih contoh harga tiket shinkansen nya. Harga JR pass 7 hari tuh harganya sekitar 28.500 yen, ingat ya, itu 7 hari, bisa naik JR termasuk shinkansen sepuasnya. Sedangkan kalau beli tiket shinkansen sendiri, contohnya dari Tokyo ke Fukuoka, sekali jalan aja harganya 23.000 yen, gimana orang yang tinggal di Jepang ga iri coba hahahhaa uppss, gara-gara iri, jadi lupa kalo postingan kali ini mau bicarain tentang itinerary jalan-jalan sehari di Fukuoka dari Osaka hahahaa....

Nah, bagi kalian yang punya rencana jalan-jalan ke Osaka dan sekitarnya, trus masih ada sisa 1 hari dan bingung mau kemana, mungkin bisa pertimbangin pulang-pergi ke Fukuoka hahaha sebenarnya banyak tempat lain yang bisa dikunjungi kalau punya JR pass, tapi kali ini gua bakal bahas tentang Fukuoka aja beserta jadwal shinkansen nya.

(Berangkat) Plan A : Osaka (倧坂) - Hakata (博倚) 06:25 - 09:02 (Sakura 543)*
                    Plan B : Osaka (倧ι˜ͺ) - Hakata (博倚) 07:15 - 09:52 (Sakura 545)*
                    Plan C : Silahkan cari sendiri yang lebih siangan lol
*Jadwal bisa berubah sewaktu-waktu seperti perasaan doi

Kalau kalian ke Fukuoka naik shinkansen, turunnya pasti di stasiun Hakata. Di stasiun Hakata ini ada 2 perusahaan kereta yang beroperasi yaitu JR dan Subway. Jadi, dari stasiun Hakata ada 3 cara yang bisa dipakai untuk bepergian yaitu dengan naik JR, Subway atau bus. Diantara ketiga cara ini, cuma JR yang tidak ada tiket seharian atau one day pass. Untuk tiket seharian bus biasanya dikenakan biaya 900 yen, dan enaknya kalau beli tiket ini, 1 pemegang tiket bisa membawa 1 anak kecil untuk naik bus, hemat kan! hahaha. Kalau tiket one day pass subway, harganya 620 yen dan ada promo keluarga juga, nama tiketnya Famichika kippu, harganya 1000yen per keluarga, yang belum punya keluarga, dicari dulu keluarga nya ya lol untuk beli tiket ini, bisa ke stasiun subway dan bilang "Famichika kippu onegaishimasu".

Karena itinerary postingan kali ini adalah ke Dazaifu, lebih baik beli tiket bus yang one day pass. Sebenarnya untuk naik bus ke Dazaifu, ga bisa pakai tiket seharian, tapiiiii bisa beli tiket lain yaitu one day pass + bus ke Dazaifu seharga 1500 yen. Cara beli tiket ini gampang, tinggal datengin tempat buat beli tiket di Terminal Bus Hakata atau bisa beli langsung di dalam bus (kadang-kadang habis tiket nya kalo di dalam bus). Tunjukkin foto tiket dibawah ini untuk beli tiketnya atau bagi yang ingin latihan bahasa Jepang, bisa ngomong "Sumimasen, Fukuoka shi nai purasu Dazaifu ichinichi furii joushaken onegaishimasu" 😜 Setelah tiketnya kebeli, mari kita meluncur ke tempat wisata nya!

(source: www.nishitetsu.jp)

1. Dazaifu
Dazaifu adalah sebuah kota di prefektur Fukuoka, bukan di kota Fukuoka dan jarak tempuh dengan bus dari Fukuoka adalah sekitar 40 menit. Di Dazaifu ini yang paling terkenal adalah Dazaifu Tenmangu! Dazaifu Tenmangu adalah nama suatu kuil yang terkenal dengan Dewa Literatur (Kepintaran) nya, oleh karena itu banyak wisatawan yang datang hanya untuk berdoa agar diberikan kelulusan (ujian).

(source: fastjapan.com)

Perjalanan di Dazaifu Tenmangu ini dimulai sejak anda-anda turun dari bus. Setelah turun dari bus biasanya orang-orang akan langsung menuju ke Kuil. Di sepanjang jalan menuju kuil, banyak toko-toko souvenir yang lucu-lucu dan juga tempat makan. Yang terkenal dari tempat ini adalah Starbucks! Starbucks di Dazaifu ini adalah salah satu Starbucks di dunia dengan desain terunik. Yang unik dari Starbucks di Dazaifu tuh desain nya terbuat dari balok-balok kayu.

Bukan hanya di bagian luar, di bagian dalam Starbucks juga terdapat desain dari balok kayu
(source: www.starbucks.co,jp)

Selain Starbucks, di sepanjang jalan ini, banyak juga tempat makan yang enak-enak dan salah satu makanan yang harus dicoba disini adalah mochi bakar nya, atau yang disebut dengan Umegae Mochi (ζ’…γƒΆζžι€…). Isi dari mochi ini adalah kacang merah yang rasa manis nya pas menurut gua. Mochi ini juga dijual dalam bentuk beku yang tahan beberapa bulan.

Umegae Mochi enyak enyak enyak
(source: www.voyapon.com)
Jalan menuju Kuil, biasanya selalu rame wisatawan

Jika belum lapar dan belum pengen belanja oleh-oleh, kalian bisa melewati sepanjang jalan itu langsung menuju kuil. Di kompleks kuil nya ada jembatan dan juga kolam yang menambah keindahan kuil. Setiap harinya di dalam kompleks kuil (setelah melewati jembatan di sebelah kiri) ada juga pertunjukan topeng monyet Jepang oleh 1 kakek-kakek yang sudah sejak lama di sana.

Saru Mawashi atau sejenis topeng moyet

Di bagian lain kompleks Dazaifu Tenmangu ini juga ada Kyushu National Museum yang cukup menarik. Untuk masuk kedalam museum ini tidak dikenakan biaya, tetapi jika ingin masuk ke pameran di dalam museum ini, harus bayar tiket masuk. Tema pameran selalu berubah-rubah, untuk cek harga tiket dan tema pameran nya, bisa cek di website nya langsung, tersedia dalam bahasa Inggris.

Kompleks Dazaifu Tenmangu ini cukup luas, sangking luas nya, ada Theme park atau taman bermain disini. Bagi yang membawa anak-anak, bisa sekalian main disini hahaha.

2. Ohori park (ε€§ζΏ ε…¬εœ’)

Setelah makan siang di Dazaifu, saatnya kita kembali ke kota Fukuoka naik bus yang sama di tempat yang sama. Setelah sampai di stasiun Hakata, anda bisa cari halte bus untuk dalam kota yaitu di depan stasiun Hakata, disana banyak bus menuju Ohori Park. Dengan menggunakan hape terchinta anda, silahkan cari jadwal bus dengan menggunakan google maps dan atur pencarian hanya dengan menggunakan bus, jadwal dan rute-rute bus nya akan nongol langsung. Jangan sampai tersesat ya hihihih.

Sesampainya di Ohori Park atau Ohori Kouen dalam bahasa Jepang, saran gua jangan ke dalam Ohori Park nya dulu, tapi langsung menuju ke Maizuru Park yang ada di dekat Ohori Park, tinggal ngesot aja. Di Maizuru Park ini lah terdapat reruntuhan kemegahan Kastil Fukuoka. Musim terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah musim semi, dimana sakura-sakura bermekaran, Pemandangan nya mantap! dan kalau sakuranya uda berguguran, anda bisa melihat sungai berwarna pink karena dihiasi sakura yang rontok hahaha ayo ayo hunting tiket pas musim sakura.

Pemandangan di Maizuru Park πŸ’•

Setelah puas dengan pemandangan Maizuru Park dan Fukuoka Castle, anda bisa menuju ke jantung Ohori Park dimana di tengah-tengah taman ada sebuah danau dan juga jembatan. Jika cuacanya bagus, anda bisa naik perahu angsa dengan pasangan anda (yang jomblo, bisa hubungi biro jodoh terdekat) menikmati pemandangan matahari terbenam. Pemandangan nya indaaah disini menurut gua, bisa duduk-duduk bengong sambil makan es krim ber jam-jam melepas lelah setelah seharian jalan kaki di Dazaifu dan Maizuru Park.

Photo by Osirls
3. Stasiun Hakata

Setelah melepas lelah di Ohori Park, saatnya untuk balik lagi ke stasiun Hakata dengan menggunakan bus. Jika masih punya waktu, anda bisa jalan-jalan di sekitar stasiun Hakata untuk mencari makan malam, belanja oleh-oleh atau makan malam sebelum balik ke Osaka dengan shinkansen.

Jadwal shinkansen untuk balik ke Osaka:

Plan A: Hakata (博倚) - Osaka (倧坂) 20:06 - 22:49 (Sakura 572)*
Plan B: Hakata (博倚) - Osaka (倧坂) 20:51 - 23:32 (Hikari 444)*
*Jangan lupa di cek dan ricek lagi jadwalnya, takutnya berubah hehehe

Selesaiiiiiiiiii perjalanan 1 hari di Fukuoka! hahaha...Masih buanyak lagi tempat-tempat bagus di Fukuoka yang ga akan habis dijelajah dalam 1 hari. Mungkin di post-post berikutnya gua bakal ngebahas tentang itinerary 3 hari jalan-jalan di Fukuoka heheheh.. Sampai jumpa di post berikutnyaaaaa. Caooo....











Comments

  1. Tentang biro jodoh ujungujungnya kau bangπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    Masih sendiri jalan''
    Kasihannnn

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jalan-jalan ke selatan Jepang (Fukuoka dan Nagasaki)

Transportasi untuk keliling Kyushu, Jepang (pesawat, bus, shinkansen dan 18 kippu)